Inilah Sebab Mengapa Babi Diharamkan Dalam Islam


Babi adalah hewan yang sangat kotor, dia biasanya memakan segala sesuatu yang diberikan kepadanya, baik kotoran maupun bangkai bahkan kotorannya sendiri atau kotoran manusia akan dia makan. Babi memiliki tabiat malas, tidak suka cahaya matahari, tidak suka berjalan-jalan, sangat suka makan dan tidur, memiliki sifat paling tamak. Semakin bertambah usia, babi akan semakin bodoh dan malas, tidak memiliki kehendak dan berjuang bahkan untuk membela diri sendiri saja enggan.

Oleh karena itu babi, banyak menimbulkan penyakit pada manusia. Babi dianggap hewan yang tidak layak dikonsumsi. Di antara parasit-parasit ini adalah sebagai berikut:
1. Cacing Taenia Solium
Parasit ini berupa larva yang berbentuk gelembung pada daging babi atau berbentuk butiran- butiran telur pada usus babi.Jika seseorang memakan daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka dinding-dinding gelembung ini akan dicerna oleh perut manusia, dan larva-larva itu kemudian akan tumbuh di usus manusia. Peristiwa ini akan menghalangi perkembangan tubuh dan akan membentuk cacing pita yang panjangnya bisa mencapai 10 kaki, yang menempel di dinding usus dengan cara menempelkan kepalanya lalu menyerap unsur-unsur makanan yang a da di lambung. Hal itu bisa menyebabkan seseorang kekurangan darah dan gangguan pencernaan, karena cacing ini dapat mengeluarkan racun.
Apabila pada diri seseorang — khususnya anak-anak– telah diketahui terdapat cacing ini di lambungnya, maka dia akan mengalami histeria atau perasaan cemas. Terkadang larva yang ada di dalam usus manusia ini akan memasuki saluran peredaran darah dan terus menyebar ke seluruh tubuh, termasuk otak, hati, saraf tulang belakang, dan paru-paru. Dalam kondisi seperti ini cacing tersebut dapat menyebabkan penyakit yang mematikan.
2. Cacing Trichinila Spiralis
Cacing ini ada pada babi dalam bentuk gelembung-gelembung lembut. Jika seseorang mengonsumsi daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka gelembung-gelembung — yang mengandung larva cacing ini — dapat tinggal di otot dan daging manusia, sekat antara paru dan jantung, dan di daerah-daerah lain di tubuh. Penyerangan cacing ini pada otot dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan menyebabkan gerakan jadi lambat, ditambah lagi sulit melakukan aktivitas. Sedang keberadaannya di sekat tersebut akan mempersempit pernafasan, yang bisa berakhir pada kematian.
3. Cacing Schistosoma Japonicum
Ini adalah cacing yang lebih berbahaya daripada cacing schistosoma yang dikenal di Mesir. Dan babi adalah satu-satunya binatang yang mengandung caciong ini. Cacing ini dapat menyerang manusia apabila mereka menyentuh atau mencuci dengan air yang mengandung larva cacing ini yang biasanya datang dari kotoran babi yang masuk ke dalamnya. Cacing ini dapat membakar kulit manusia serta dapat menyelinap ke dalam darah, paru, dan hati. Cacing ini berkembang sangat cepat, dalam sehari bisa mencapai lebih dari 20000 telur, yang dapat membakar kulit, lambung dan hati, terkadang dapat menyerang otak dan saraf tulang belakang yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
4. Fasciolepsis Buski
Parasit ini hidup di usus halus babi dalam waktu yang lama. Ketika terjadi percampuran antara usus dan tinja, parasit ini akan berada dalam bentuk tertentu yang bersifat cair yang bisa memindahkan penyakit pada manusia. Kebanyakan jenis parasit ini terdapat di daerah Cina dan Asia Timur. Parasit ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diare dan pembengkakan di sekujur tubuh, yang bisa menyebabkan kematian.
5. Cacing Ascaris
Panjang cacing ini sekitar 10 inci. Cacing ini bisa menyebabkan radang paru, batang tenggorokan, dan penyumbatan lambung. Cacing ini tidak bisa dibasmi di dalam tubuh kecuali dengan operasi.
6. Cacing Anklestoma
Larva cacing ini masuk ke dalam tubuh dengan cara membakar kulit ketika seseorang berjalan, mandi atau minum air yang tercemar. Cacing ini bisa menyebabkan diare dan pendarahan di tinja, yang bisa menyebabkan terjadinya kekurangan darah, kekurangan protein dalam tubuh, pembengkakan tubuh dan menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan fisik dan mental, lemah jantung dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.
7. Calonorchis Sinensis
Ini sejenis cacing yang menyelinap dan tinggal di dalam air empedu hati babi, yang merupakan sumber utama penularan penyakit pada manusia. Cacing ini terdapat di Cinda dan Asia Timur, karena orang-orang di sana biasa memelihara dan mengonsumsi babi. Virus ini bisa menyebabkan pembengkakan hati manusia dan penyakit kuning yang disertai diare yang parah, dan tubuh menjadi kurus dan berakhir dengan kematian.
8. Cacing Paragonimus
Cacing ini hidup di paru-paru babi. Cacing ini tersebar luas di Cina dan Asia Tenggara tempat dimana babi banyak dipelihara dan dikonsumsi. Cacing ini bisa menyebabkan radang pada paru-paru. Sampai sekarang belum ditemukan cara membunuh cacing di dalam paru-paru. Tapi yang jelas cacing ini tidak terdapat, kecuali di tempat babi hidup. Parasit ini bisa menyebabkan pendarahan paru-paru kronis, dimana penderitanya akan merasa sakit, ludah berwarna coklat seperti karat, karena terjadi pendarahan pada kedua paru.
9. Swine Erysipelas
Parasit ini terdapat di kulit babi. Parasit ini selalu siap pembakaran pada klit manusia yang mencoba mendekati atau berinteraksi dengannya. Parasit ini bisa menyebabkan radang kulit manusia yang memperlihatkan warna merah dan suhu tubuh tinggi.
Sedang kuman-kuman yang ada pada babi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, antara lain:

1. TBC
Penyakit ini mungkin berasal dari babi yang dagingnya dimakan oleh manusia tanpa dimasak dengan baik. Bisa juga terjadi hanya dengan menyentuhnya.
2. Cacar (Small Pox)
Virus ini pindah dari babi ke tubuh manusia dengan cara persentuhan atau memakan daging yang terkena penyakit ini.
3. Gatal-Gatal (Scabies)
Penyakit ini bisa mengenai manusia dengan cara menyentuh kulit babi.
4. Kuman Rusiformas
Yaitu kuman yang bisa melakukan pembusukan pada kedua kaki dan sulit untuk disembuhkan.
5. Blantidium Coli
Babi dianggap sebagai hewan utama yang menjadi tempat tumbuh suburnya parasit ini, yang menyebabkan disentri parah pada seseorang.
6. Mikroba Brocellosis
Kotoran babi dianggap sebagai sumber utama munculnya mikroba ini. Penyakit yang ditimbulkan oleh mikroba ini sangat menular yang dapat menimbulkan penyakit di daerah sekitarnya, serta bisa menyebabkan demam malta fever pada manusia.
7. Mikroba Toxoplasma Gondi
Mikroba ini banyak sekali terdapat di tempat-tempat pemeliharaan babi. Penyakit ini menyerang manusia melalui makanan yang tercemar oleh kotoran babi atau menghirup udara atau debu yang mengandung gelembung-gelembung mikroba ini.
Mikroba ini bisa masuk pada getah bening, limpa dan hati. Hal itu menyebabkan demam yang panjang dan menurunnya imunitas tubuh, radang otot dan jantung. Serta bisa menyebabkan gangguan pernafasan, karena mikroba ini juga menyerang paru. Bisa juga menyerang mata berupa peradangan parah pada daerah mata, yang akhirnya bisa menyebabkan kebutaan.
Mikroba ini pun bisa menyerang sel-sel telinga bagian dalam yang bisa menyebabkan ketulian. Terkadang menyerang wanita hamil, yang karenanya janin yang lahir akan meninggal beberapa hari atau beberapa minggu setelah kelahiran. Atau bisa juga, bayi akan lahir dalam keadaan cacat.

Sumber:

Buku Pola Makan Rasulullah oleh Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad

http://3wd3wd.wordpress.com/2011/05/24/inilah-sebab-mengapa-babi-diharamkan-dalam-islam/

Tentang Ainur Irawan

Jika kehidupanku ini bisa sedikit memberi arti.. Aku akan share sebanyak yang aku bisa untuk bisa bermanfaat untuk orang lain...
Pos ini dipublikasikan di About Islam dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Inilah Sebab Mengapa Babi Diharamkan Dalam Islam

  1. hanarika berkata:

    aq tau kalo babi itu diharamkan krn lebih byk keburukannya daripada kebaikannya.. tapi nggak nyangka kalo keburukannya sebanyak itu…. 😮

  2. tari berkata:

    wahhh… banyak rugi kalau kita” makan Babi… …..

  3. dhuma berkata:

    daging babi itu enak, dan selama ne blum ada yg mengeluh atau skit krn mkn babi. jd klo agama lain ga mw makan, ga mslah.. itu kepercayaan mrka, Tuhan menciptakan makhluk hidup, babi jg slah satu nya… Ga mgkn Tuhan menciptakan hewan yg mengakibatkan penyakit…. Tuhan itu yg maha Tahu, peace……..

    • Irawan Max Conf berkata:

      Ma’af gan..
      Makanan enak bukan berarti menyehatkan…
      Ya, sekedar yang ane tau gan (bkn brarti q prnah makan)
      makanan babi memang enak tp beresiko tinggi trhadap kesehatan…
      Sprti yg di jelaskan di atas..
      Thank’s masukannya

    • Danny Ramdhani berkata:

      Iya kalu loe seneng daging babi ya tersin aza..gtu aza koq repot!!!!!

    • peace juga gan..
      skedar brbagi pikiran..
      gak setuju dgn prnyataan Tuhan gak mungkin mencptkan hewan yg mengakibatkan penyakit.
      banyk hewan yg bikin penyakit, contohny nyamuk, lalat, dsb..Alasan knp dciptakan, Tuhan lh Yang Maha Tahu..
      khusus mengenai babi,, selama ini blm ad yg skt krna mkn babi,, saya rasa karena tdk ad yg lsng sadar atau dr diagnosa kedokteran yg mnytkn pnykt itu lsng d akbtkn krna mkn babi..
      Oiy, selain mkn babi,, bnyk yg enak2 jg dilarng,, mslny nrkoba, seks bebas, judi,, krna mmg byk kburukanny..
      Ap beda ny kta manusia dgn makhluk lain klo semua knkmatan d dunia dinikmati tanpa aturan..
      Terima kasih..

  4. hanarika berkata:

    boleh ijin copy nggak??
    hehehe…

  5. Ping balik: Alasan Babi Diharamkan dalam Islam « Hanarika's Blog

  6. PY berkata:

    Mengenai makanan yg halal & najis/haram, bisa dibaca di kitab Imamat pasal 11, saat itu makanan yg najis/haram melambangkan org2 kafir(non yahudi), tetapi setelah Yesua Hamaziah(Yesus Kristus) mati disalib sudah tak ada lagi org/bangsa yg najis/kafir, bisa dibaca di kitab Kisah Para Rasul 10. Tuhan sayang kita semua.

  7. Putra berkata:

    cinta itu bita,,
    tidak bisa di lihat tapi bisa di rasakan

  8. Kurniawan berkata:

    Ga mungkin daging babi itu seburuk itu,daging sapi juga sama buruk nya kalo diteliti. Orang yang ga makan daging babi juga sama malasnya atau malah lebih buruk dari babi nya sendiri. Jadi lebih bijak kalo kita tidak menjelekkan daging babi atau daging apapun itu. Be wise man!!

  9. penjual daging babi berkata:

    Ayam yg makan cacing lebih bersih dari babi?

    Sapi yang tidur di atas kotorannya sendiri lebih bersih juga dari babi? Ingat, secara ilmiah daging merah (sapi, kambing) kolesterolnya lebih tinggi dari daging putih (babi)

    Tapi kami penjual daging babi lebih senang ada pihak yg mengharamkan dagangan kami,. Jadinya kami gak usah repot” meladenin orang yg suka cari” masalah. jualan juga jadi lebih lancar, thanks ya ^^

    • zhiazz berkata:

      coba ente test bro.

      Daging sapi dan babi 100gr di panggang selama 5menit,

      kasi jeda seminggu antara daging sapi dan babi, minggu pertama sapi, dan minggu kedua babi.

      Minggu keberapa anda akan merasakan sakit ??:)

  10. Darno leuies berkata:

    Bukankah didalam kitab injil babi juga diharamkan?

  11. simaremare berkata:

    BABI ITU MEMPUNYAI GEN ATAU KROMOSOM YANG SAMA DENGAN GEN MANUSIA, KALAU ORANG MAKAN BABI SAMA DENGAN MANUSIA KANIBAL……

  12. Babi MAN berkata:

    THX info nya tpi,, daging babi udh mendarah daging di tubuh ku

  13. randy berkata:

    banyak orang muslim makan babi wakakakak katanya enak,bagaimana pendapat kalian ?
    mereka juga tau klo diagama muslim babi diharamkan,najis dll
    kok mereka mau ya hahahahaha

    • piopi berkata:

      karena mereka tak mengenal agama islam dgn betul .. kebanyakkan orang” blg mereka beragama islam tapi mereka tak mngerty tentang hukum” islam dgn bnar

  14. randy berkata:

    berbicara mengenai agama gak akan ada habisnya,jadi diem aja,benahi diri sendiri

  15. bab 2 berkata:

    Babi haram kecuali terpaksa,…ckckck…standar ganda !!

  16. mardha berkata:

    segitu banyak xa keburukan d dlm tubuh babi,.,.,

    islam memang benarrr ,islam melarang qt krn islm peduli dgn kesehatan tubuh kita

  17. upit berkata:

    Apa yang ALLAH sampaikan itu pasti benar…dan hanya bisa dipahami oleh orang2 yang berfikir

  18. Zend berkata:

    Sotoyyyy…
    Klo w bilang mah penulis’y sring makan Babi ni..:D
    Udah ratusan tahun kluarga w makan Babi tpi selalu sehat” aj
    Jgan banyak omong klo belum pernah makan
    (yg comment pasti pengen mkan babi…hahahaa)

  19. ucink berkata:

    ini yg bodoh/gk pnya otak gw ato sapa ya..ni judul threadnya apa commentnya jg apa..gk nyambung diihh..kecuali klo threadnya babi itu penimbul bnyk penyakit mnrut dinas kesehatan,bru kalin protes.ni mnrut hukum islam sodara2.dan sudah tertuliskan di alqura dan injil(yg asli bkn editan yg sudah dpake mpe skrg)jd klo mw protes baca tu kitab msing2..penulis blg bgni krn ada pedoman bkn asal ceplos..

  20. sintia berkata:

    wahh ga salah ya kalo islam mengharamkan babi ternyata babi itu sangat merugikan bagi tubuh manusia

  21. sintia berkata:

    tanks ya infonya
    dgn ini menambah pengetahuanku tentang hewan yg diharamkan oleh islam

  22. Kopral Eriks berkata:

    Itu yg berfikir makan Babi tidak haram.. karena sdh nggak bisa mikir otaknya.. perut dan mulutnya yg utk mikir karena dah banyak parasitnya..he..he..

  23. citre berkata:

    hadeee… ya capek kalo ngeladeni org yg udh ditutup hati n pikiranx..
    trim’s infox.. sangat bermanfaat. ^_^

  24. SITI.S. berkata:

    ASSALAMU’ALAIKUM WR WB. HI teman2! hanya sedikit tambahan, ini UNTUK orang NON MUSLIM, yang sudah comen di atas, DIAGNOSA yang terdapat di DAGING BABI ini bukan ANALISA tapi FAKTA bisa kita ketahui DR Murad Hoffman, Daniel S Shapiro, MD, seorang Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts, dan juga merupakan asisten Profesor di Pathology and Laboratory Medicine, Boston University School of Medicine, Massachusetts AMERIKA MENYATAKAN TERDAPAT LEBIH DARI 25 PENYAKIT yang bisa DIJANGKITI DARI BABI !. (itu yang meneliti NEGARA MAYORITAS NON MUSLIM !). Tapi bagi agama kami (ISLAM) faktor2 penyebab memakan babi itu bukan UTAMA !! Yang Menjadi faktor adalah BENTUK KETAQWAAN Kami Terhadap apa yang ALLAH LARANG, untuk yang beragama ISLAM yang telah melanggar larangan ALLAH (yang memakan BABI) mungkin karena MAHABBAH mereka terhadap ALLAH Masih SANGAT KURANG! / (ISLAM KTP) dan mungkin Minimnya pengetahuan kesehatan. Sekedar Referensi, ALLAH Berfirman didalam SURAT ALMAIDAH ayat 3: yang artinya “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, DAGING BABI, (daging hewan) yang disembelih atas nama SELAIN ALLAH, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang KAFIR telah PUTUS ASA untuk (mengalahkan) AGAMAMU, sebab itu janganlah kamu TAKUT kepada mereka (ORANG2 KAFIR!)dan takutlah kepada-Ku (ALLAH). Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu AGAMAMU, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai ISLAM itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa TERPAKSA / (BUKAN STANDAR GANDA !). karena KELAPARAN (UNTUK MEMPERTAHANKAN NYAWA) TANPA SENGAJA BERBUAT DOSA !, SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA PENGAMPUN LAGI MAHA PENYAYANG .” Mudah2an MEMBANTU ! WASSALAMU’ALIKUM WR WB.

    • tasman berkata:

      Wa’alaikumsalam wrwb. Subahallah… saya sangat setuju dengan pendapat saudari. Agama adalah ilmu dotrinisasi dari Allah Subbahana Wa’atala Bukan Ilmu Logika. karena tdak semua yang tercantum didalam Alqur’an dapat diserap oleh logika manusia dalam hal ini bukan berarti Alqur’an bertolak belakang dengan akal pikiran manusia hanya di karenakan manusia itu memiliki keterbatasan. sebagai umat yang bertaqwa kita hanya di perintahkan untuk menjalankan perintahnya dan menjauhkan apa yang dilarang NYA. Perlu kita Ingat bahwasana nya sesungguh manusia itu diciptakan untuk beribadah. (WAMAAHAKTUL JIINNA WAL INSAA ILLA LIYAQBUDDUUN).

  25. Daging Sapi Man berkata:

    daging babi dapat menyebabkan kematian.

  26. Babi berkata:

    Tak ada seorangpun yg mampu secara logika dan masuk diakal yg dpt menjelaskan kenapa babi itu diharamkan…
    kalau cuma tau dari alquran,lebih baik nggak usah di omongin,,BASIII..
    kalau kalian bisa/mampu secara pemikiran dari otak sendiri untuk menjelaskan mengapa babi itu haram dan bukan dari yg sudah tertulis/pernah mendengarkan kisah/cerita orang lain,,,maka saya salut dan menyatakan bahwa babi itu 100% Haram…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s